Saturday, February 15, 2014

Steamboat, Shabu-shabu, atau Sukiyaki?

Jika kita search kata Steamboat di Google, yang bakal ketemu adalah link mengenai Kapal Uap. Padahal niatnya mau makan rebusan nan panas dan nikmat... :D

Walaupun sedang trend, tidak semua orang mengetahui istilah Steamboat. Mungkin juga belum pernah makan. Tante saya sendiri sewaktu tahu bahwa saya jualan makanan ini, komentarnya adalah kenapa kamu tidak jualan makanan yang umum saja seperti ayam goreng...hahaha..

Seharusnya Steamboat tidak asing lagi, karena bentuk dan cara penyajian yang sering kita lihat di restoran Jepang. Memang cara makan steamboat kurang lebih sama dengan makan shabu-shabu.
Tapi sebenarnya asal makanan steamboat adalah dari China. Lebih dari 1000 tahun lalu, mereka menamakan makanan ini sebagai “Mongolian Hot Pot”, dan kuah yang dipakai untuk merebus di steamboat ada banyak, di sesuaikan dengan variasi perkembangan dari beberapa negara; kuah kaldu ayam, kuah Tomyam (buat yang suka sedikit asam) ada kuah Sichuan (super pedas).

Kenapa dibilang steamboat? Awal-awal Mongolian hot pot berubah jadi steamboat adalah karena penyajiannya. Di jaman perang dahulu mereka menggunakan kayu bakar dan mangkok kayu yang dijadikan wadah buat memasak sup. Lalu ditemukan rantang perebus berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya. Dimana api keluar keatas dari lubang ditengah tersebut. Namun karena berbahaya, banyak yang bisa tersambar oleh api tersebut akhirnya berubah lah bentuk rantang menjadi rantang tertutup atau panci. Kalau di Jepang terkenal dengan istilah Shabu-shabu, sedangkan di Thailand terkenal dengan sebutan Sukiyaki.

Sehatkah makanan Steamboat? ya jelas sehat, lihat saja sayur-sayuran segar yang di masukkan ke kuah, tidak terkena minyak. Daging dan ikan pun masih segar.  Beberapa resep kuah yang termudah dan enak (sudah saya uji, jamin enak) untuk membuat steamboat bisa di lihat disini : kuah kaldu ayam, kuah tomyam, kuah sichuan. Isinya ada bakso ikan, ikan gindara, ikan salmon, cikua, bakso jamur ayam, bakso tahu, sapo tahu telur, jamur enoki, sayur sawi sendok, daun ginseng, POKOKNYA sayur dan daging APA SAJA silahkan di cemplungin ke dalam steamboat. Jamin enak :mrgreen:



Nah,, untuk menikmati Steamboat Hoki Suki tidak harus menggunakan panci steamboat. Membuatnya pun praktis seperti merebus Indomie.

Hoki Suki, Praktis, Nikmat, Lezat, Dijamin ketagihan...

No comments:

Post a Comment